Meningkatkan Kecepatan Tendangan Taekwondo dalam 2 langkah




Apakah anda terlalu lambat saat sparing? Anda dapat memperbaikinya hanya dengan mengambil sedikit langkah.

Kecepatan tidak selalu berarti seberapa cepat anda mengeksekusi teknik Taekwondo kepada lawan anda. kenyataannya, kecepatan adalah dasar dari banyak hal,lebih daripada sekedar percepatan teknik kasar. Sekarang kita akan membahas tentang langkah yang akan diambil sebelum mengeksekusikan tendangan belakang (dwi chagi).

Beberapa murid Taekwondo melakukan tendangan belakang dengan lambat dan sederhana karena mereka merubah poros atau melangkah terlebih dahulu sebelum mereka melakukan tendangan. Saya menyebutnya "Persiapan". "Persiapan" adalah saat kita memposisikan diri kita lebih baik sebelum melakukan tendangan yang cepat.

Sebaiknya tahap "persiapan" itu harus seirama atau sejalan dengan sikap atau kuda-kuda. Misalnya saat anda bermaksud untuk menekuk kaki sebelum menendang, maka anda akan menendang lebih lambat dari yang saharusnya anda dapat lakukan. Akan lebih baik jika hanya sedikit menekuk sebelum memulai. Buat kuda-kuda atau posisi awal dengan kaki sedikit menekuk jadi anda bisa melewatkan langkah pertama saat proses menendang.

"Persiapan" lainnya yang biasa dilakukan oleh murid Taekwondo adalah memutar poros lalu kemudian menendang. itu akan menjadi 2 langkah. dalam gaya pertandingan di olimpiade, 2 langkah tersebut akan membuat kita menjadi mati langkah terhadap lawan. saya menyarankan para murid dan praktisi Taekwondo untuk menggabungkan kedua langkah tersebut menjadi suatu aliran gerakan. pada dasarnya, semuanya dilakukan saat yang bersamaan dan tendangan akan menjadi lebih cepat.

Kesimpulan:

1. Putar poros kaki pada saat yang bersamaan dengan tendangan, buat menjadi satu gerakan dan bukan dua gerakan. hal ini berlaku untuk semua jenis tendangan, tidak hanya untuk tendangan belakan (dwi chagi)

2. Temukan posisi kaki dan tubuh yang sesuai untuk anda sebelum melakukan tendangan. jadikan posisi itu kuda-kuda saat pertarungan/sparing jadi anda bisa menghilangkan satu langkah.

Jumlah waktu yang anda hemat dengan menghilangkan suatu langkah atau "persiapan" ini mungkin hanya sepersekian detik. Namun poin atau nilai dalam Taekwondo dapat terjadi hanya dalam waktu sepersekian detik.

Semoga berhasil dengan latihan anda!

sumber: www.succeedinmartialarts.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.